Sunday 26 July 2015

Celana Chino dan sejarah nya



Celana chino saat ini sangan populer dikalangan remaja ,khusus nya di indonesia ,banyak anak anak muda sekarang yang menggunakan celana chino dengan berbagai macam warna. Tapi, tahukan kalian dari mana celana yang sedang populer ini berasal dan bagai maca sejarahnya? saya didalam blog ini mencoba untuk membahas hal tersebut.

Celana chino adalah celana verbahan twill ,100% katun. Asal kata chino sendiri adalah berasal dari kata chinese, karena pada awalnya celana ini berbahan twill yang diproduksi di china. Awal penggunakan celana chino adalah pakaian militer Inggris pada abad ke 1912 Hingga pada akhirnya kepopulerannya mulai muncul paska perang dimana bekas prajurit menggunakan celana tersebut di keseharian mereka, Ternyata tidak hanya tentara Inggris yang menggunakan celana tersebut dalam pakai militernya, tentara Amerika Serikat pun juga ikut dalam menggunakan Celana berbahan katun tersebut, awalnya celana ini dirancang dengan desain yang sederhana, tanpa  lipatan, desain celana mengerucut dan lurus di bagian pinggang. Chino juga memiliki bahan yang tahan lama, ringan dan nyaman, cocok untuk dipakai dalam kondisi hangat, sehingga nyaman digunakan di medan perang, bahannya dibuat sesimple mungkin, dapat digunakan di medan yang keras dan juga nyaman digunakan untuk para tentara. Warna khaki pada chino berfungsi untuk menyamarkan mereka di medan perang. Hingga akhirnya pada sekarang ini orang masih sulit membedakan antara chino adalah nama bahan dan khaki adalah nama warna. Tentara inggris dan Amerika akhirnya menjadikan celana chino standard pakaian perang mereka pada pertengahan tahun 1800an.


Celana chino memiliki beberapa pergeseran budaya, dari awalnya dipakai pada acara kemiliteran, lalu beralih masuk ke masyarakat hingga dipakai dalam keseharian yang terahir merambah ke budaya pop anak muda. Banyak artis, aktor, musisi menggunakan celana chino dalam daftar wardrobe tampil mereka. Hingga pada akhirnya celana chino lebih populer dewasa ini sebagai trend daripada fungsi kesehariannya.

begitulah sedikit hal yang saya bahas tentang celana chino dan sejarahnya, semoga dapat menambah pengetahuan kalian kalian

No comments:

Post a Comment